Samjin Amook: Bisa Pilih 50 Fish Cake Kenyal Gurih Asal Korea di Sini


Gerai ini punya lebih dari 50 kreasi fish cake asal Korea Selatan. Ada yang berbentuk seperti corn dog, dipadu dengan cabe jalapeno hingga keju yang mulur.

Penggila jajanan Korea dibuat heboh dengan dibukanya gerai fish cake asal Korea Selatan di mall wilayah Jakarta Barat. Nama Samjin Amook sudah dikenal sejak 1953 di Negeri Gingseng. Tak heran kalau gerai ini sudah memiliki puluhan cabang di sana. 

Amook sendiri merupakan bahasa Korea yang berarti 'fish cake'. Salah satu fish cake asal Korea yang populer ialah oden. Sejenis fish cake lipat yang ditusuk pada stik bambu. Sama seperti oden, beberapa fish cake yang dihadirkan oleh Samjin Amook juga banyak tesaji dengan cara ditusuk ke stik bambu. 

Hanya saja, variannya dibuat lebih beragam. Tentunya dengan citarasa dan bentuk yang berbeda. Gerai ini menghadirkan lebih dari 50 kreasi fish cake.

Sayangnya, gerai ini selalu ramai pengunjung. Sehingga saat kami datangi, tak semua varian fish cake tersaji di atas meja display. 


Menempati satu kios di area Lower Ground Central Park Mall, gerai fish cake ini terlihat tak begitu besar. Terdapat dua meja kayu yang berisikan beberapa nampan aluminium ceper. Di atasnya tersaji fish cake beralaskan kertas minyak. Kami hanya perlu mengambil nampan kayu cokelat dan sebuah food tong. 

Lalu kami bebas mengambil kreasi fish cake mana yang kami suka. Terdapat papan nama dan penjelasan komposisi di tiap varian fish cake. 
Kami akhirnya menjatuhkan pilihan pada Goblin's Mace (Rp 25.000) dan Fried Chili Pepper (Rp 23.00). Keduanya tersaji di tusuk bambu dan masuk dalam kategori menu Best Seller Hot Deli. Goblin's Mace memiliki tampilan yang sama seperti corn dog. Hanya saja, lapisan luar sosisnya terbuat dari adonan fish cake. 

Isinya sosis, fish cake, dan potongan dadu kentang. Kemudian digoreng hingga garing. Bagian luarnya terasa sangat renyah. Namun begitu kami lahap hingga ke bagian sosis, teksturnya berubah menjadi renyah sekaligus kenyal. Rasa adonan fish cake a la Samjin Amook terasa gurih pas dan sedikit manis. Ukurannya cukup besar, sehingga makan sepotong Goblin's Mice cukup mengenyangkan.
Terakhir, kami mencoba Cheese Croquette (Rp 14.000), Laver Roll (Rp 17.000), dan Small Crabmeat Roll (Rp 11.000). Ketiganya punya ukuran yang lebih kecil. Adonan amook ternyata bisa dijadikan croquette. Camilan berbentuk bola ini diisi dengan paduan keju mozarella dan cheddar. Isian kejunya meleleh dimulut begitu kami kunyah. Rasanya gurih, manis sekaligus asin. Menu ini juga wajib dicoba. Rasanya berbeda dengan Fried Chili Pepper. Bentuknya mencirikan apa yang ada didalam kreasi fish cake ini. Benar saja, isianya berupa cabe jalapeno utuh yang dibuang bijinya dan diisi dengan adonan fish cake. 

Bagian luar cabenya dibalut adonan fish cake dan digulingkan di tepung panir. Rasanya ternyata tak terlalu pedas. Rasa pedasnya sama seperti melahap potongan paprika hijau. Hanya saja teksturnya lebih lembut. Sehingga tak masalah jika dicocol saus sambal.

Ada satu menu yang menyandang nama Amook, namanya Amook Toasts. Sehingga kami pun tak melewatkan menu itu. Amook Toast (Rp 22.000) merupakan roti tawar goreng. Isiannya berupa adonan fish cake, smoked beef, dan keju lembaran. Ternyata paduan ketiga bahan tadi menghasilkan rasa yang gurih manis lezat. Ditambah tekstur kenyal yang enak. Kami sangat menyukai kreasi amook yang satu ini.


Rasa Small Crab Meat sebenarnya biasa saja, hanya adonan fish cake yang diisi dengan olahan daging udang yang kenyal. Sedangkan Laver Roll berisi adonan fish cake yang dipadu dengan sayuran, daun wijen, dan diberi aksen selembar nori di bagian luar. Rasanya sangat unik. Gurih minyak wijen berpadu dengan gurih nori dan manis sayuran.

Nah, kalau mau mencicip puluhan kreasi amook dari gerai amook legendaris di Korea Selatan, tak ada salahnya mampir ke Samjin Amook. Oh ya, gerai ini tak menyediakan tempat duduk bagi pengunjung.

Samjin Amook
Central Park, Lower Ground
Jl. Letjen S. Parman
Tanjung Duren, Jakarta Barat

sumber:food.detik.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.