Explore Surga Tersembunyi Di Malang



Malang merupakan yang terkenal dengan pariwisata. Dengan keindahan alamnya yang di kelilinggi gunung-gunung dan udaranya sangat sejuk dan tak heran jika di malang selalu ramai di kunjungi para wisatawan lokal maupun wisatan mancanegara.

Wisata alam di Malang sendiri tak pernah ada habisnya untuk dijelajahi. Kota berhawa sejuk ini menawarkan banyak wisata air terjun atau coban yang penawarkan pemandangan alam yang tak dapat anda jumpai di kota – kota lainnya. Ada beberapa di antara nya yang berada di tempat yang tersembunyi sehingga suasananyanya  pun masih sangat alami. Salah satunya yaitu Coban Cokro dan Coban Cinde.

Coban Cokro dan juga Coban Cinde ini berada di Desa Benjor, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Yang kira – kira berjarak sekitar 27 km ke arah timur dari pusat kota Malang.  Letaknya yang cukup tersembunyi membuat tempat wisata yang satu ini masih belum banyak dikunjungi wisatawan. Selain kondisinya yang masih sangat alami, air terjun Coban Cokro dan juga Coban Cinde ini menawarkan pesona tersendiri bagi yang menyukai petualangan alam karena medan yang akan anda lewati untuk menuju coban ini tergolong cukup berat.

Di tempat wisata ini anda dapat menemukan 2 air terjun. Yang  pertama adalah coban cokro yang muncul dari aliran di sisi tebing yang tingginya kurang lebih 50 meter dengan debit air tak terlalu besar. Dan yang kedua adalah Coban Cinde coban ini sendiri bersumber dari aliran sungai utama yang mempunyai jumlah debit air yang cukup besar dengan ketinggian kurang lebih 30 meter. Air terjun yang satu ini berada pada ujung kelokan sungai yang tak jauh dari letak air terjun pertama tadi. Dan lebih uniknya lagi air terjun yang satu ini benar–benar teletak tersembunyi di balik rimbun nya pepohonan yang diapit oleh dinding sempit sungai.

Untuk menuju Coban Cokro dan Juga Coban Cinde  ini juga dapat anda tempuh dengan kendaraan umum maupun pribadi, baik dengan menggunakan sepeda motor ataupun mobil tetapi jika anda menggunakan mobil kami sarankan anda menggunakan toyota all new fortuner karena medan nya cukup berat. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi anda hanya perlu menuju ke arah Kecamatan Tumpang. Nah dari situ anda akan melanjutkan perjalanan menuju ke Desa Benjor. 

Tetapi jika anda menggunakan angkutan umum anda dapat menaiki angkutan jurusan Tumpang – Arjosari (TA) sesampainya di tumpang anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menaiki colt yang menuju ke arah Desa Benjor yang berjarak kurang lebih sekitar 7 km dari Tumpang. Jarak Coban Cokro dan juga Coban Cinde dari Desa Benjor ini masih sekitar 3 km. Untuk menuju Coban Cokro dan juga Coban Cinde ini anda mempunyai dua jalur yang pertama anda dapat menapaki sungai dan jalan setapak.

Yang pertama – tama anda harus menapaki jalan setapak yang masih rimbun oleh tumbuhan dan akan melewati ladang cabai, kubis dan lain nya. Sebagai permulaan anda harus menempuh jalan setapak yang cukup curam. Di samping kiri terdapat lereng dengan kemiringan sekitar 45 derajat  dan di samping kanan terdapat semak-semak yang berduri cukup tajam. Belum selesai di situ saja selanjutnya anda pun akan menuruni lereng  yang cukup curam batas dari pada hutan pinus , sehingga anda harus sangat hati-hati untuk menuruninya agar tak terperosok ke dalam semak-semak yang ada di bawah.

Perjalanan masih berlanjut selanjutnya anda harus menyusuri sebuah sungai yang penuh dengan bebatuan yang berjarak sekitar 1 km. Selama anda menyusuri sungai anda akan di sambut dengan pemandangan yang sangat indah suasana hutan yang masih asri, dan juga kicau burung, dan juga air sungai yang  jernih dan dingin yang akan memanjakan anda. 

Tebing yang mempunyai tinggi puluhan meter berada di kanan dan kiri sungai juga dapat menjadi bonus tersendiri. Ada di satu bagian sungai anda diharuskan mendaki salah satu sisi tebing  yang ada dikarenakan terdepat  jeram setinggi  6 meter. Setelah melalui jeram tadi perjalanan anda masih berlanjut dengan melawan arus sungai  tetapi jangan khawatir tidak lama setelah itu anda akan sampai di lokasi Coban Cokro dan juga Coban Cinde.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.