Inilah Tempat Wisata Cianjur Menarik Yang Tak Boleh Anda Lewatkan


Cianjur adalah salah satu daerah kabupaten yang berada di provinsi Jawa barat. Daerah ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Garut di timur, Kabupaten Sukabumi di Barat, Samudra Hindia di Selatan, serta Kabupaten Bogor dan kabupaten Purwakarta di Utara. Cianjur sebagian besar merupakan daerah pegunungan, dan sebagiannya lagi merupakan daerah pantai selatan berupa dataran rendah yang cukup sempit. 

Pantas saja bila hal tersebut menjadi faktor pendorong utama banyaknya tempat wisata indah di cianjur. Karena kebanyakan di cianjur memiliki daerah pegunungan serta pantai, anda disarankan untuk menggunakan mobil Toyota Rush karena mobil ini dapat mengarungi area jalan yang tak mulus atau di pedesaan. Berikut Tempat Wisata Cianjur Yang Tak Boleh Anda Lewatkan :

1. Kebun Raya Cibodas

tempat wisata cianjur pertama yang akan dibahas yakni Kebun Raya Cibodas yang berlokasi di Jl. Raya Cibodas. Kebun raya cibodas ini merupakan tempat yang sempurna bagi para pengunjung yang ingin merasakan menyatu dengan alam. Semua koleksi tanaman di tempat ini terbagi menjadi dua koleksi, yaitu koleksi yang terdapat di di rumah kaca  dan koleksi yang terdapat di kebun. Di rumah kaca terdapat koleksi tanaman yang terdiri dari anggrek, kaktus, dan sukulen. 

Tetapi, kamu masih bisa menemukan jenis tanaman liar yang terdapat di rumah kaca. Sedangkan koleksi tanaman yang terdapat di kebun berjumlah 1.011 jenis, diantaranya terdapat tanaman khas juga menarik seperti Bunga Bangkai yang mempunyai ukuran bunga raksasa dan bisa menarik serangga, pohon Bunya-bunya yang meruapakan tanaman tua dan memiliki pokok batang yang besar, serta Kina yang merupakan tanaman obat. 


2. Pantai Jayanti

Pantai ini berlokasi di Cidaun Selatan, tepatnya di desa Cidamar, Kec. Cidaun, Cianjur Selatan. Jika melakukan perjalanan dari pusat kota cianjur menuju Pantai Cijayanti dibutuhkan waktu sekitar 4 jam. Pemandangan di pantai ini sungguh indah dan menawan. Kebersihan di tempat inipun masih sangat terjaga karena belum banyak orang yang mengetahuinya.




3. Kota Bunga

tempat wisata cianjur yang dapat anda kunjungi selanjutnya ialah Kota Bunga. Di tempat ini, anda bisa temukan banyak wahana liburan yang sangat sayang bila dilewatkan. Salah satu wahana yang paling terkenal di Kota Bunga yaitu cerminan Kota Venesia. Disini anda pun bisa berkeliling dengan gunakan cano. Tidak hanya itu, ada pula banyak wahana permainan anak dan penyewaan kuda.


4. Waduk Cirata

Di Cianjur juga terdapat waduk yang bisa dikatakan popular di mata wisatawan yag tidak kalah menarik dengan waduk – waduk lain. Meskipun bernama waduk, yang akan anda temukan bukanlah waduk yang kecil. Akan tetapi anda bisa temukan sebuah waduk yang sangat luas. Berfungsi sebagai pusat pembangkit listrik, tempat wisata cianjur ini juga dibuka sebagai tempat wisata yang banyak diminati orang. Anda yang ingin melihat keindahan waduk bisa menyewa kapal. Untuk masuk ke tempat wisata ini pun sangat murah. Anda hanya harus keluarkan ongkos parkir saja.


5. Candi Tridharma

Candi Tridahrma merupakan tempat wisata cianjur yang juga disebut sebagai situs Buddha yang terletak di Cianjur. Komplek yang dijadikan lokasi ibadah umat Buddha ini adalah bangunan candi buatan yang dibangun oleh umat Buddha setempat. Candi ini berkawasan di Kampung Gunung Putri Desa Sukatani, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur. Bangunan yang memiliki warna kehitam - hitaman ini memiliki pemandangan sekeliling yang amat luar biasa. 

Candi yang dibangun tahun 2000an ini sangat mudah diakses. Jika menggunakan sepeda motor anda bisa mengambil ajar jalur Gunung Putri dari pasar Pacet. Dan jika ana menggunakan Angkutan Umum, anda bisa naik angkutan umum Jurusan Kampung Pasir dan bisa langsung sampai di depan Candi Tridharma.

Itulah Tempat Wisata Cianjur Yang Tak Boleh Anda Lewatkan dan wajib anda kunjungi ketika anda datang ke Kota Cianjur. Banyaknya tempat wisata yang tersedia di kota tersebut tentu saja akan membuat anda makin betah berlama – lama liburan. Semoga bermanfaat 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.