Kampung Kopi Banaran



Kawasan Wisata Agro Semarang yang dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero), yang terletak di Areal Perkebunan Kopi Kebun Getas Afdeling Assinan tepatnya Jl. Raya Semarang – Solo Km. 35. Lokasinya persis di tepi jalan Semarang – Salatiga atau sekitar 1 kilometer dari Terminal Bawen. Kampoeng Kopi Banaran (sebelumnya dikenal dengan nama “Banaran Coffee”) adalah sebuah Coffee Shop untuk menikmati sedapnya kopi asli yang diproduksi sendiri oleh PT. Perkebunan Nusantara IX.Suasananya relatif sejuk karena berada pada ketinggian 480–600m dpl, dengan suhu udara berkisar antara 23ºC  – 27º C, sehingga menjadi salah satu pilihan untuk refresing bersama keluarga bagi warga kota Semarang yang panas. Jika anda berkendara dengan mobil Toyota Fortuner dari Semarang, gunakan jalan tol Semarang – Bawen. Dari pintu keluar tol di ujung selatan terminal Bawen, anda tinggal belok kiri. Berjarak sekitar 1 km kemudian, anda akan sampai di Kampung Kopi Banaran.

Jangan khawatir, tempat ini tak hanya menyajikan kopi, tetapi juga pilihan minuman segar lain seperti aneka jus buah, teh poci dan lain-lain. Menu makanan juga lumayan banyak pilihannya, seperti aneka masakan dari ikan, daging ayam, daging sapi, dan sayur-sayuran. Harganya juga terjangkau.

Menu kesukaan saya disini adalah sepiring singkong keju goreng (nan legit) dan tahu goreng van Bandungan nan mantab. Untuk menemani se-teko teh poci plus gula batu yang sungguh sedap dinikmati.

Lokasi ini cukup ideal sebagai destinasi wisata dengan seluruh keluarga. Cuacanya terasa sejuk, dengan semilir angin meniup sepoi di bawah kerindangan pohon-pohon besar. Kita bisa mimilih lokasi santai di dalam resto maupun di tempat terbuka berupa joglo dan gazebo kayu yang tersebar di seantero taman. Sementara itu anak-anak asyik bermain di area yang nyaman dan teduh di bawah rerindangan pohon-pohon besar.

Sebagai produk utama dari Kampoeng Kopi banaran adalah tentunya seduhan berbagai jenis kopi banaran bawen yang nikmat dan mantab di kafe yang disebut dengan “Coffee House”. Namun selain itu di belakang Kampoeng Kopi Banran juga sudah dibangun berbagai macam fasilitas diantaranya adalah arena bermain anak – anak, Corporate Gathering, Coffee Walk, Out Bound Games, Kolam Renang, Gazebo, lapangan tenis, Taman Buah, Gedung Pertemuan, Flying Fox, Mushola, Meeting Room, Griya Robusta, Family Gathering, Flying fox serta Jelajah Kebun dengan ATV.

Selain menjelajahi kebun kopi banaran dengan menggunakan ATV, anda juga dapat melakukannya dengan menggunakan kereta wisata yang disediakan oleh Kampoeng Kopi Banaran. Jalur yang ditempuh adalah memasuki kebun kopi, serta beberapa spot dimana anda dapat melihat pemandangan Rawa Pening dari atas. Jika beruntung anda dapat menemui beberapa pekerja yang sedang melakukan aktivitas perawatan kopi atau sedang memanennya. Bagai mana dengan harganya ? Harga berbagai macam makanan dan minuman di Kampoeng Kopi Banaran lumayan terjangkau kok. Untuk list harga selengkapnya dapat didownload pada alamat ini. 

Nah sudah tahu kan apa saja yang dapat dilakukan di Tempat Wisata Kampoeng Kopi Banaran. Jangan lupa beli beberapa produksi kopi sebagai oleh-oleh bagi keluarga dirumah. Oh ya selain untuk wisata keluarga, Kampoeng Kopi Banaran dapat juga digunakan sebagai tempat acara-acara perusahaan berupa meeting, gathering, outbound dll. Selain itu juga tersedia Paket Wisata Kampoeng Kopi Banaran yang diperuntukkan untuk anak usia Play group, Taman kanak kanak dan juga Sekolah Dasar. Wisata Kampoeng Kopi Banaran memang lengkap ya .

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.