Empal Gentong Di Cirebon


Kota Cirebon adalah salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini dikenal dengan julukan Kota Udang. Kota yang sebagian penduduknya bermata pencarian nelayan ini ternyata memiliki makanan yang khas, yaitu empal gentong. Makanan ini mirip dengan gulai (gule) dan dimasak menggunakan kayu bakar di dalam gentong. Daging yang digunakan adalah usus, babat dan daging sapi. Awalnya empal gentong berasal dari desa Battembat, kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon. Tetapi saat ini empal gentong dapat ditemui dengan mudah di Cirebon bahkan di kota-kota lainnya di Indonesia.

Salah satu restoran di Cirebon yang terkenal karena kelezatan empal gentongnya adalah Empal Gentong dan Empal Asem H. Apud. Menurut warga kota Cirebon, Empal Gentong dan Empal Asem H. Apud merupakan salah satu salah satu empal gentong terbaik yang ada di Cirebon. Empal Gentong dan Empal Asem H. Apud terletak di kawasan yang merupakan daerah otentik asal muasal kuliner empal berasal, yaitu di kawasan Battembat tepatnya di Jalan Ir H. Juanda, Desa Battembat, Kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon, atau sekitar 5 kilometer arah barat dari pusat Kota Cirebon.

Saat ini warung makan milik H. Apud sudah semakin berkembang sehingga membuat pengunjungnya semakin nyaman dan berbondong-bondong untuk menikmati kelezatan empal gentongnya. Harga yang ditawarkan untuk menikmati empal gentong disini relatif cukup murah ditambah pelayanan para pramusajinya yang ramah, serta tempat yang nyaman dan cukup luas.

Ketenaran empal gentong dan empal asem H. Apud tiada lain karena sentuhan tangan sang empunya, yaitu H. Machfud atau akrab disapa H. Apud. Pria kelahiran Cirebon, 9 Oktober 1955 itu mulai membuka warung empal gentong dan empal asem pada tahun 1993. Ketika itu yang pertama ditawarkan adalah empal gentong. Hal ini karena empal gentong jauh lebih populer ketimbang empal asem. Awalnya H. Apud mengajak pedagang empal gentong keliling untuk bekerja sama dengan tujuan dapat membagi modal berbisnis dan H. Apud ingin belajar untuk membuat empal gentong yang memiliki kelezatan dan cita rasa yang berbeda.

Untuk Empal Gentong sendiri pastilah sudah tidak asing lagi di telinga pecinta kuliner Nusantara. Empal Gentong adalah makanan khas masyarakat Cirebon Jawa Barat. Makanan ini mirip dengan Gulai, dimasak dalam gentong dan menggunakan kayu bakar. Daging yang digunakan adalah daging segar terbaik yang dihasilkan langsung dari tempat pemotongan Hewan Sapi yang ada di sekitar daerah Battembat Tengah Tani Cirebon. Keempukan Daging Empal Gentong Haji Apud sangat pas karena sudah di masak berjam jam dari mulai Pukul 04.00 subuh hingga bisa menyajikannya pada Pukul 09.00 Pagi. Empal Gentong di sajikan dengan daun kucai, bawang goreng dan bagi yang suka pedas yang khas dari empal gentong adalah cabe kering giling racikan Haji Apud sendiri.

Untuk menikmati semangkok Empal Gentong atau Empal Asam plus sepiring Nasi Putih dan Teh Tawar Hangat anda cukup merogoh kocek Rp. 21.000 saja. Sedangkan untuk satu porsi Sate Kambing Muda Haji Apud mematok harga Rp.25.000 untuk Sate biasa menggunakan lemak dan Rp. 30.000 untuk Sate polos tanpa lemak. Berkunjung Ke Cirebon silahkan mampir ke Rumah Makan Empal Gentong Haji Apud anda akan merasakan Cita Rasa yang berbeda dari Empal Gentong, Empal Asem, dan Sate Kambing Muda nya.



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.