Kuliner Nusantara Yang Wajib Anda Coba


Indonesia memiliki aneka ragam kuliner yang enak bahkan di nusantara sudah terkenal kulinernya yang kaya akan bumbu-bumbu rempah berikut saya akan memberikan informasi di blog kuliner nusantara.


1. Ayam Panggang Bumbu Rujak

Hidangan satu ini asalnya dari Surabaya. Namun seiring berjalannya waktu makin berkembang dan masuk ke daerah lainnya, salah satunya Yogyakarta. Penyajiannya berupa ayam yang dipanggang hingga matang, sebelumnya ayam tersebut dibaluri alias dibumbui dengan bumbu khusus seperti bumbu rujak. Jika ayam panggang Surabaya rasanya lebih pedas, maka ayam panggang bumbu rujak di Yogyakarta rasa pedasnya lebih bersahabat.

2.  Nasi Goreng Kampung

Nasi Goreng adalah sebuah makanan berupa nasi yang digoreng dan di aduk dalam minyak goreng atau margarin, biasanya ditambah dengan kecap manis, bawang merah, bawang putih, asam jawa, lada dan bumbu-bumbu lainnya sesuai dengan selera. Seperti telur, ayam, seafood, sosis dan kerupuk. Namun ada juga nasi goreng jenis lain yang dibuat bersama ikan asin yang juga cukup populer di seluruh Indonesia. Awalnya Nasi Goreng dibuat hanya dengan campuran telur dan kerupuk saja, namun seiring perkembangan zaman banyak Nasi Goreng yang dimodifikasi. Sehingga tampilannya jauh lebih menarik, dan bukan hanya sebagai makanan pinggir jalan namun bisa sampai hotel bintang lima.  

3. Serabi Bandung

Serabi atau biasa disebut Surabi terbuat dari tepung terigu, telur, air kelapa yang di aduk dan dipanggang di cetakan kue Serabi, ini merupakan jajanan pasar tradisional yang berasal dari Indonesia. Ada dua jenis serabi Bandung yaitu Serabi manis yang menggunakan kinca dan Serabi asin dengan taburan oncom yang telah dibumbui di atasnya. Di Bandung, Serabi biasa di jajakan di pagi hari dan dimask menggunakan tungku (kompor yang menggunakan arang) sehingga menghasilkan rasa yang khas. Seiring dengan perkembangan zaman, banyak yang terus berinovasi dengan menambahkan berbagai topping diatasnya, seperti sosis, keju, ice cream, ataupun mayones yang bertujuan untuk mematahkan asumsi bahwa Serabi adalah makanan yang terkesan rendahan. Dan saat ini Serabi banyak dijual di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Bogor.

Selain Serabi Bandung, ada juga Serabi Solo. Serabi Solo terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan dan digoreng di atas arang. Jajanan khas Solo bercitarasa gurih, biasanya diberi taburan berupa potongan pisang, nangka, atau bahkan meses dan keju bila suka. Serabi Solo ini berasal dari daerah Notokusuman, oleh karenanya serabi ini lebih dikenal sebagai Serabi Notosuman.

4. Tahu Telur Surabaya

Tahu Telur Surabaya adalah salah satu makanan khas Surabaya yang disajikan dengan sajian khas Jawa Timur. Tahu Telur Surabaya terbuat dari irisan lontong, tahu, telur, yang disiram dengan saus kacang dan petis, lalu disiram kecap manis dan kerupuk. Tahu Telur ini hampir menyerupai atau mirip dengan omelette tahu atau dadar tahu, yaitu tahu putih yang dipotong dadu kecil kemudian dicampur dengan telur yang sudah dikocok lalu di goreng. Cara penyajiannya, tahunyang sudah digoreng disajikan diatas piring yang diatasnya diberi taburan tauge kukus dan ditaburi dengan irisan daun saledri lalu di siram dengan saus kacang. Lalu beri kecap manis secukupnya dan taburan bawang goreng serta acar.


5.  Asam Padeh Tongkol Padang

Asam Pedas atau Asam Padeh adalah salah satu masakan tradisional Minangkabau dan Melayu (Riau, Jambi, dan Semenanjung Malaya), masakan ini memiliki citarasa asam dan pedas. Bahan dasar yang digunakan biasanya adalah ikan dan hidangan laut seperti ikan tongkol, kakap, tuna, ikan kembung, gurami, dan cumi-cumi yang kemudian dibumbui dengan asam jawa, cabai, dan rempah-rempah lainnya. Tetapi lebih banyak yang menggunakan ikan tongkol untuk masakan ini. Rasa asam dan pedas berasal dari kuahnya yang terbuat dari bumbu pedas dan asam yang dilengkapi dengan sayur-sayuran. Hidangan ikan asam pedas ini sudah dikenal luas di seluruh Indonesa terutama di Sumatera dan Semenanjung Melayu.   

Sekian dari kuliner nusantara setidaknya anda bisa mencoba kuliner nusantara yang enak ini.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.