Air Terjun Coban Rondo, Wisata dengan Wahana yang Menantang

Air terjun Coban Rondo Malang adalah salah satu air terjun yang berada di area pegunungan yang berada di ketinggian 1.135 meter dpl. Udara yang sangat sejuk dan pemandangan alam yang masih natural menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap wisatawan yang datang. Tinggi Air terjun Coban Rondo mencapai 84 meter. Air terjun ini pertama kali diresmikan menjadi tempat wisata pada tahun 1980. Sumber air terjun berasal dari mata air yang berada di sisi lereng gunung Kawi, yaitu mata air Cemoro Mudo. Kuota air yang ditimbulkan mencapai 90 hingga 150 liter per detik.

Lokasi Air terjun Coban Rondo

Wisata air terjun Coban Rondo Terletak di Kota Batu Malang Jatim, Tepatnya di jalan Coban Rondo, desa Pandesari, Kecamatan Pujon. Jarak dari Malang kota ke lokasi wisata kurang lebih 20 km, membutuhkan sekitar 1 jam perjalanan. Sedangkan jarak dari kota Batu ke lokasi wisata kurang lebih 12 km dan memakan waktu kurang lebih 30 menit.

Rute Menuju Lokasi Air Terjun Coban Rondo

Akses menuju Air terjun Coban Rondo sangatlah mudah, karena terdapat transportasi umum yang beroperasi menuju lokasi. Ada dua alternatif untuk sampai ke lokasi wisata, antara lain;
Transportasi Umum:
Dari Terminal Arjosari Malang naik Bus jurusan Landungsari. Setelah tiba di Landungsari lanjut lagi naik bus jurusan Pujon (Arah ke Kediri). Sesampainya di daerah Pujon, turun tepat di Patung Sapi. Dan dari Patung Sapi naik ojek ke lokasi Air Terjun Coban Rondo.
Kendaraan Pribadi:
Apabila menggunakan Kendaraan pribadi, maka dari arah Batu langsung menuju Pujon. Ketika sampai di puncak perbukitan terdapat papan petunjuk yang menunjukkan arah wisata Air Terjun Coban Rondo. Setelah itu tinggal mengikuti petunjuk yang ada.

Wahana  Air Terjun Coban Rondo Malang

Tidak hanya keindahan pemandangan saja yang ditawarkan oleh wisata ini, namun permainan permainan seru sekaligus menantang juga bisa didapatkan di sana. Wahana permainan yang tersedia di area Air Terjun Coban Rondo antara lain:

Fun Tubing

"<yoastmark
Fun tubing adalah berenang mengitari sungai dengan menggunakan ban pelampung. Dalam menikmati wahana ini, setiap peserta akan diberikan dua perlengkapan renang, yaitu ban dan baju pelampung.
Biaya Fun Tubing : Rp35.000 per orang

Paint Ball

"<yoastmark
Paint Ball adalah sebuah permainan baku tembak antar team dengan menggunakan senapan mainan dan juga peluru yang terbuat dari karet. Dalam melakukan permainan ini setiap peserta dilengkapi dengan baju serta berbagai macam perlengkapan pelindung lainnya.
Biaya Paint Ball (6 orang, formasi 3 vs 3, 150 peluru) : Rp.450.000

Satwa dan Kebun

Satwa kebun coban rondo
Berkebun
Salah satu wahana yang menyenangkan untuk dilakukan bersama dengan keluarga adalah wahana satwa dan Kebun. Di wahana ini wisatawan dapat melihat beragam satwa dan juga dapat mencoba beraneka ragam aktivitas seperti;
Berkuda, Bersepeda gunung, Outbound pelajar, Outbond kid/care, labirin, Kereta Kelinci, Sahabat peternak dan Petik Apel.
Outbond Coban rondo
Outbond
Labirin Air terjun Coban rondo
Coban Rondo Labirin
Harga dari masing masing wahana tersebut bervariasi, mulai dari harga 25 ribu hingga 1 juta rupiah per orang nya.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Coban Rondo

Ada 3 jenis biaya yang harus dikeluarkan ketika memasuki wisata Air Terjun Coban Rondo yaitu tiket masuk , biaya kendaraan, dan biaya parkir. untuk harga lengkapnya sebagai berikut :
SubjekHarga
Tiket wisatawan domestikRp. 8.000
Tiket Wisatawan asingRp. 10.000
Kendaraan roda 2Rp. 2.000
Kendaraan roda 4Rp. 4.000
Kendaraan roda 6Rp. 6.000
Parkir roda 2Rp. 4.000
Parkir roda 4Rp. 4.000
Parkir roda 6Rp. 6.000
Note: Harga diatas dapat berubah sewaktu waktu
Biaya tiket masuk ke Air terjun belum termasuk biaya wahana yang ada di dalamnya. Seperti yang disampaikan di awal, beberapa wahana (selain air terjun) dikenakan biaya tambahan. Jadi ketika mengunjungi tempat ini sebaiknya menyediakan dana lebih, karena banyak wahana wahana yang sangat menyenangkan untuk di coba.
Jarak dari retribusi tiket ke lokasi Air Terjun Coban Rondo adalah 2 km. Setelah sampai lokasi wisata, setiap wisatawan berjalan kaki menuju air terjun sejauh 50 meter.

Penginapan dekat Air Terjun Coban Rondo

Untuk penginapan terdekat dengan lokasi bisa di dapatkan di daerah Songgoriti, yang berlokasi kurang lebih 5 – 8 km dari lokasi air terjun. Harga penginapan di daerah tersebut juga relatif murah, yaitu berkisar mulai dari 150.000 an per malam. Ada juga beberapa Villa Untuk kamu yang akan berwisata bersama dengan keluarga,  harga villa di sekitar tempat wisata tersebut mulai dari 1 jutaan.
Selain Hotel dan Penginapan, kamu juga bisa lho berkemah di sini. Pihak Pengelola Coban Rondo sudah mempersiapkan bumi perkemahan / camping ground di dekat kawasan wisata ini.

Oleh Oleh Khas Air Terjun Coban Rondo

Bagi wisatan yang ingin membawakan oleh oleh untuk keluarganya dirumah, dapat membelinya di toko yang ada disekitar Wisata Air terjun ini. Berbagai pernak pernik, pakaian, serta jajanan khas dapat diperoleh di pertokoan tersebut.
Selain menyediakan souvenir, di sekitar lokasi Air Terjun Coban Rondo juga terdapat deretan warung yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman, seperti es, minuman hangat, jagung bakar, dll.

Sumber : www.tabloidwisata.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.